oleh

Merintis Usaha Rumah Potong Ayam Dari Hasil Gaji Pribadi

Citeureup, swaradesa.comImpian menjadi pengusaha sukses membangun usaha kecil-menengah (UMKM) dengan modal dari hasil gaji bekerja tidaklah mudah, apalagi dengan banyak nya saingan usaha lain yang modalnya lebih besar. Optimisme dan semangat pantang menyerah menjadi benteng utamanya dalam memulai usaha ini.

Rumah potong ayam abah acong, Desa Sukahati (Foto: eka.swaradesa.com)

Di dunia ini ada dua macam pengusaha. Yang pertama, mereka yang mendapat warisan usaha dari orang tua dan Kedua mereka yang memulai usaha dari nol. Seorang warga Desa Sukahati.Kp jamakir, Kec.Citeureup, Kab.Bogor yang membuka usaha Kecil menengah. Abah Acong(40) dia yang berprofesi sebagai karyawan swasta di salah satu perusahaan. Abah Acong membuka usaha rumah potong ayam.

“Saya merintis usaha Ayam potong ini dengan hasil modal keberanian dan kerja keras saya di iringi doa. memang ini usaha kecil namun memerlukan modal yang sangat besar tetapi modal itu dari hasil upah saya pribadi/gaji, bukan dari bantuan pemerintah ataupun dinas terkait. saya tidak patah semangat untuk mencari modal dan memulai usaha ini.” ujar¬† abah acong saat di wawancarai swaradesa.com (10/05/19).

 

Baca Juga  Musrenbang RKPD Di Kec Ciseeng Th 2019 Untuk Perencanaan Th 2020

Usaha penjualan ayam potong itu sudah berdiri sejak 2 tahun kebelakang, namun ada saja kegagalan yang harus di alaminya dari mulai ayam mati, persaingan jual karena banyaknya ayam impor dipasaran, sampai tingginya harga untuk pakan ayam. itu sudah menjadi resiko dalam membangun sebuah usaha dari hasil pribadi.

Adapun cara pemasaran nya ia mulai dari lingkungan sekitarnya. Kini, abah acong sudah mempunyai pelanggan dari warga-warga setempat yang memang dari segi harga sangat terjangkau lebih murah dan kualitas ayam lebih fresh di bandingkan ayam potong yang sudah masuk ke pasar, sehingga pelanggan tidak harus jauh-jauh ke pasar untuk membeli daging ayam, hanya tinggal memesan ke tempat pemotongan ini.

salah satu karyawan rumah potong ayam abah acong (Foto: eka.swaradesa.com)

Dirinya mendirikan usaha dengan bentuk modal keberanian dan optimisme, sekaligus memotivasi kita semua bagaimana caranya jika ingin mempunyai usaha dengan modal kecil dan dari hasil pibadi, kuncinya adalah keberanian, kerja keras dan optimisme. Usaha rumah potong ayam ini mendapatkan omset perbulan 4 juta rupiah – 5 juta rupiah tergantung dari banyak nya ayam dan sudah mempunyai 2 orang karyawan saat ini.

 

Baca Juga  Banjir Sebabkan Kemacetan Parah Di Jalan Raya Desa Tarikolot

Pewarta : Eka

Editor : Dipa

Author: Dipa

Komentar