oleh

Polres Majalengka Bersama Jajaran Kodim 0617/Majalengka Melaksanakan Sipamkota

Majalengka.swaradesa.com.Untuk memastikan kesiap siagaan tim pengamamanan Pemilu 2019. Polres Majalengka bersama Jajaran Kodim 0617/Majalengka dan personel Brimob Subden C Polda Jabar serta Instansi terkait lainnya melaksanakan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dan Tripatra di jalan raya Cigasong – Jatiwangi Kabupaten Majalengka, Kamis (28/3/2019).


Kapolres Majalengka AKBP Mariyono menyebutkan, kegiatan ini dilakukan sebagai persiapan dalam pengamanan Pemilu serentak 17 April 2019 di Wilayah Kabupaten Majalengka.

“Simulasi ini di lakukan untuk melatih kemampuan dan keterampilan personel gabungan dalam menangani masa pengunjuk rasa maupun gangguan Kamtibmas khususnya saat pengamanan Pemilu serentak 2019 nanti,” paparnya.

Selain itu menurutnya simulasi digelar sebagai gambaran jajaran Polres Majalengka dalam memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan terhadap masyarakat.

Baca Juga  Hebat... Bandit Jalanan Di Depok Di Lumpuhkan Emak Emak

“Simulasi Sispamkota ini bertujuan agar personel yang terlibat dalam pengamanan dapat memahami tugas pokok dan fungsi serta perannya masing-masing,” ujarnya.

Dalam aksi simulasi tersebut digambarkan terjadi demonstrasi di depan kantor KPU Kabupaten Majalengka, namun demonstrasi tersebut berakhir bentrok, satu orang ditangkap karena dianggap sebagai provokator. Hal tersebut sebagai buntut Ketidak puasan masyarakat terhadap kinerja penyelenggara Pemilu.

Ditambahkan Mariyono, Simulasi dilaksanakan secara sistematis sesuai perkembangan situasi serta kenyataan yang biasa sering terjadi dilapangan, sehingga dengan kegiatan seperti ini, seluruh personel dapat mengatahui dan memahami peran dan fungsi serta tindakan apa saja yang harus mereka lakukan jika menghadapi situasi seperti ini di lapangan.

Diharapkannya, dengan Simulasi ini, tindakan pelanggaran personel yang bisa saja terjadi di lapangan dapat diminimalisir.

Baca Juga  Desa Sukareja Subang Gelar Ruat Bumi

” Kegiatan ini kami lakukan guna mengantisipasi segala bentuk gangguan Kamtibmas khususnya dalam menghadapi unjuk rasa atau penyampaian aspirasi masyarakat selama dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Namun demikian harapan kami situasi Kamtibmas selama Pemilu mulai dari tahap kampanye, tahap pemungutan suara sampai ke tahap penghitungan dan penetapan hasil Pemilu di wilayah Majalengka berjalan aman, damai dan sejuk,” pungkasnya.

Selain Kapolres Majalengka AKBP Mariyono, Kegiatan
Sispamkota dan Triprata ini juga disaksikan Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana, Dandim 0617/Majalengka Letkol Arm.Novi Herdian, Ketua KPUD Majalengka Agus Suhada, Ketua Bawaslu Agus Asri Sabana dan Unsur Forkompimda serta undangan lainnya.(Nn)

Author: Yusup Prayoga

Komentar