oleh

Mendes Targetkan Bangun 74 Ribu BUMDes Tahun 2019

Jakarta, swaradesa.com – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus mengoptimalkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di daerah. Selain dapat menyerap tenaga kerja, BUMDes juga bisa mensejahterakan kehidupan masyarakat desa.

Karena itu, tahun ini dana desa diprioritaskan untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan pemberdayaan ekonomi, salah satunya melalui BUMDes.

“Targetnya tentunya setiap desa memiliki BUMDes. Akhir tahun ini, harus 75 ribu BUMDes terbangun di semua desa. Pada tahun 2017 terdapat 45.549 BUMDes. Kita beruntung banyak dibantu BUMN sama swasta untuk melakukan pembinaan karena kuncinya adalah pendampingan. Karena kalau tidak didampingi, tidak akan jalan,” kata Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo.

Baca Juga  Uji Coba Angkot Modern Di Kota Bogor Hingga Saat Ini Belum Ada Kepastian Hukum

Mendes mengatakan, dari beberapa desa yang telah memiliki BUMDes terbukti perekonomian di desa semakin bertambah. Bahkan, dengan adanya BUMDes tersebut juga pendapatan seorang kepala desa bisa mencapai puluhan juta rupiah.

“Sekarang sudah banyak desa-desa yang kepala desanya pendapatannya Rp 5 juta, Rp 10 juta, hingga Rp 20 juta,” ungkapnya.

“Segera dibangun BUMDes, nanti kita bantu kasih pendampingan supaya BUMDes-nya bisa menghasilkan uang dan menambah pendapatan para perangkat desanya ,” jelasnya. 

Author: Dipa

Komentar