oleh

Tips Mudik Lebaran Agar Aman Dan Nyaman

-#Trending, News, Opini-158 views

Swaradesa.com – Hari Raya Idul Fitri adalah hari yang ditunggu-tunggu bagi umat muslim, terutama tradisi mudik ke kampung halaman yang sudah turun temurun bagi sebagian besar warga Indonesia. karena hari raya idul fitri adalah Moment dimana kita bisa berkumpul bersama keluaga tercinta atau bersama orang-orang terkasih.

1. Siapkan kondisi yang prima.
Mudik biasanya membutuhkan perjalanan yang jauh dan memakan waktu lama, maka dari itu beberapa hari sebelum keberangkatan perhatikalah asupan makan anda dan pola tidur, usahakan jangan makan-makanan yang tidak sehat karena akan berpengaruh dengan kondisi tubuh kita.

Jika kita makan sembarangan bisa saja terkena virus penyakit atau virus yang menyerang pencernaan. Makan jangan yang pedas-pedas, karena pengen Buang air besar di tengah jalan itu sangat sangat menyiksa.

Usahakan untuk tidak begadang jika keesokannya kamu hendak melaksanakan perjalanan jauh. Jika kita begadang keadaan tubuh pun akan lemas dan mudah ngantuk, hal ini bisa mengakibatkan kamu kehilangan fokus. Alhasil kita malah-malah bisa lupa atau meninggalkan sesuatu yang penting.

Banyak-banyaklah minum air putih dan jika perlu tambahkab suplemen kesehatan agar tidak gampang terkena sakit. Tidurlah yang cukup agar tubuh bugar dan sehat, perjalanan jauh pun kita tidak akan cepat lelah.

2. Persiapan
Agar perjalanan mudik kita senantiasa aman gunakanlah waktumu jauh-jauh hari untuk mempersiapkan mudik kita. Mulai dari pemesanan tiket atau jika kamu menggunakan kendaraan pribadi cek lah kendaraan pribadi kamu.

Menggunakan jasa trasportasi umum jangan lupa untuk booking tiket-nya maksimal 3 bulan sebelum keberangkatan. Biasanya 1 sebelum tiket mudik cepat sekali habisnya.

Tiket kereta api bisa cek atau booking 3 bulan sebelumnya dari online. Tiket pesawat juga sama jauh-jauh hari aja. Booking jauh-jauh hari sangat disarankan karena bisa membantu menghemat pengeluaran kita.

Untuk kamu yang mudik mengunakan kendaraan pribadi baik mobil ataupun motor jangan sampai lupa untuk cek kendaraan kita, jika memang ada yang perlu diperbaiki. Perbaikalah semaksimal mungkin agar kendaraan kami aman dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Khususnya bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi dimohon untuk tidak melebihi kapasitas pemumpang, karena kelebihan muatan sangatlah berbahaya. Pastikan semuanya aman dan selamat.

3. Perbekalan
Perbekalan adalah hal penting selama melakukan perjalanan Mudik, baik itu perbekalan logistik. Perbekalan peralatan dan oleh-oleh. Miminal 3 hari sebelum keberangkatan kita sudah packing barang-barang yang dibutuhkan, seperti pakaian, perlengkapan mandi, obat pribadi dan perelengkapan lainnya.

Agar tidak ada yang terlupa buatlah daftar barang bawaan, jika ada tambahan lagi segeralah masukan ke catatan kamu.

Bawalah barang-barang yang diperlukan saja, misalnya baju beberapa pasang sesuai dengan berapa lama kita mudik jangan terlalu banyak karena kita cuma mudik, bukan minggat, kecuai jika ada baju-baju lama yang hendak kamu sumbangkan, jadi ketika pulang mudik barang bawaanmu bisa lebih ringan.

Pisahkan barang-barang yang hendak dipakai selama perjalanan dan yang tidak, jika ada oleh-oleh untuk keluarga disana ada baiknya barang-barang tersebut juga dipisah, karena jika digabung akan agak susah untuk mencarinya bisa saja ada barang yang kelupaan untuk diberikan.

Jangan membawa yang tidak perlu, seperti mantan berserta kenanganya, jangan. Untuk Barang yang dipakai selama perjalan masukan saja ke day-pack (ransel) atau tas pinggang, barang-barang yang perlu kamu bawa di ransel kita adalah, dompet, obat pribadi, hp+charger dan tiket jika kita pergi dengan trasportasi umum.

4. Perjalanan
Buatlah perhitungan secara terperinci agar terlihat kisaran biaya yang diperlukan. Hitunglah mulai dari pengeluaran yang besar sampai yang terkecil sekalipun seperti biaya parkir dan biaya buang air di WC umum.

membeli makanan dan minuman selama di perjalanan, bawa juga snack yang bisa untuk menahan lapar, seperti energy bar, roti atau apapun yang bisa mengganjal perut, hal ini bisa sangan berguna jika di jalan sedang ada kendala dengan kendaraan kita dan disekitar anda tidak ada yang menjual makanan.

Jika sudah mepersiapkan semuanya, jangan lupa pula untuk meninggalkan rumah dalam keadaan aman, jangan lupa untuk mematikan saluran air/listrik/gas dan lupa kunci pintu dan pastikan bahwa kita sudah tidak berada di dalam rumah, agar rumah aman dari orang jahat. Jika Mudik menggunakan kapal laut atau peswat terbang usahakanlah jangan turun di tengah perjalanan. Dan jangan lupa berdoa.

A. Aktifkan GPS
GPS sangat berguna bagi kita yang tidak hafal jalan, selain itu berfungsi juga untuk mencari jalan alternatif menghindari kemacetan. Kita bisa download aplikasi Map atau bisa juga lewat Google Maps di smartphone kita. Jangan lupa untuk mengisi full power bank agar smartphone kita tetap menyala.

B. Patuhi lalu-lintas
Walaupun kita ingin cepat sampai tujuan, tetaplah patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada. Baik bagi kita yang memakai kendaraan roda dua, pakailan helm dengan standard yang tinggi, janganlah menerobos lampu lalu lintas satau sembarangan salip kendaraan lain.

Hal ini tidak baik untuk keselamatan kita. Biasakan menjadi warga yang taat lalu lintas agar tidak merugikan keselamatan kita dan keluarga kita.

C. Beristirahatlah saat lelah
Milikilah prinsip berkendara yang aman. Perjalanan jauh dan macet membuat badan kita lelah, jangan paksakan diri kita untuk terus berkendaran. Beristirahatlah di rest area atau hotel terdekat. Istirahat adalah hal yang sangat penting, kembalilah menyetir pada saat kondisi tubuh kita sudah segar.

 

Baca Juga  Peresmian Betonisasi Jalan Desa di Kp Cihowe,Ds Kuripan Kec Ciseeng

Editor : Dipa

Author: Dipa

Komentar