oleh

Merasa Kecewa Beberapa Caleg PBB Mengundurkan Diri

Jakarta.swaradesa.com.Partai Bulan Bintang (PBB) resmi mendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Keputusan ini pun akhirnya berdampak dengan kekecewaan kader serta calon legislatif (caleg) yang ramai menyatakan mundur dari pencalegan.

Di media sosial sejumlah nama caleg yang mundur pun mulai bermunculan. Salah satunya muncul atas nama Lalu Pujo Basuki Rahmat. Berikut pernyataan terbuka dirinya yang beredar di Medsos:

“Berhubung partai saya PBB secara institusi sdh berlabuh ke kubu Jokowi, yang jelas di sekeliling beliau banyak dari kelompok2 yang anti Islam, maka dengan kerendahan hati saya mohon maaf, hari ini, senin tanggal 28 Januari 2019 saya menyatakan diri mundur jadi caleg DPRRI dari partai bulan bintang…

Saya tahu pengunduran diri seorang caleg tidak bisa membuat keputusa kpu untuk mengapus nama caleg yg bersangkutan dari surat suara, Oleh karenanya saya umumkan pengunduran diri saya, agar saudara saudara saya tidak sia,sia suaranya nanti di pileg 17 April 2019 hanya karena memilih saya (maaf GR dikit).

Baca Juga  Kesalahan Input Oleh KPU Perlu Di Tindak Lanjuti

Semoga Allah melindungi kita semua, dan memberikan pemimpin bangsa yg ikhlas dan sungguh sungguh membela umat dan rakyat, yang punya idealisme mensejahterakan rakyatnya dan punya rasa nasionalisme yang tinggi.Wassalam warahmah. L.pujobasukirahmat

Apa yang dilakukan Pujo Basuki ini diamini oleh Juru Bicara Caleg PBB Poros Mekah, Novel Bamukmin yang beberapa waktu lalu menyatakan dukungannya untuk pasangan calon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga, Novel Bamukmin.

“Iya benar. Beberapa caleg PBB memang sudah menyatakan mundur dari keaktifan pencalegan mereka. Mereka akan pasif dari pencalegan, karena kekecewaannya partai telah mendukung Jokowi,” ujar Novel saat dihubungi INDOPOS.

Sayangnya, saat dikonfirmasi oleh INDOPOS melalui telepon ataupun pesan WhatsApp, Sekjen PBB Afriansyah Ferry Noer tidak menjawab. Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PBB, Minggu (27/1/2019) mengumumkan bahwa partainya resmi mendukung capres-cawapres nomor urut 01

Baca Juga  Update Informasi Data Banjir DKI Jakarta 26 April 2019

Jokowi-Ma’ruf.

Meski begitu, ucap Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, Keputusan itu sudah diputuskan oleh DPP PBB, bukan berdasar putusan caleg atau grassroot partai

“Secara resmi sebetulnya keputusan sudah diambil oleh Dewan Pimpinan Pusat PBB beberapa waktu lalu,” ujar Yusril kepada wartawan di sela acara Rakornas itu. Menurut Yusril, keputusan itu sudah sesuai dengan mekanisme internal partai serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai.

“Dalam aturan internal partai, kewenangan untuk memutuskan pasangan calon presiden dan wakil presiden melalui rapat pleno dari DPP PBB. Sementara, Rakornas yang digelar hanya sebagai ajang pertemuan kader untuk konsolidasi, bertukar pikiran, dan melakukan sosialisasi,” ujarnya.

Yusril juga menjelaskan bahwa kewenangan untuk memutuskan dukungan kepada paslon capres itu adalah kewenangan DPP PBB, bukan kewenangan para caleg. (**)

Author: Yusup Prayoga

Komentar